Copyright © Soffa Zahara's Blog
Design by Dzignine
Wednesday, July 25, 2012

Cara Memperbaiki HDD Eksternal Yang Tidak Terbaca



Hardisk eksternal anda tiba2 tidak terbaca dan meminta format?? Okey, be calm!, jangan langsung diformat dulu, karena pasti data2 anda akan hilang. Karena saya pernah mengalami kejadian ini, saya akan share cara untuk memperbaiki HDD yang tidak terbaca. Salah satu penyebab masalah ini adalah hardisk eksternal anda mengalami goncangan ketika sedang transmisi data. Kira2 begini pesan error yang ditampilkan ketika terbaca di linux


dan ketika dibuka di windows terdapat pesan bahwa hdd harus di format.
Cara nya cukup simple~ 
Buka command promt di windows anda
lalu ketikan

> chkdsk J: /F

J = adalah nama path hardisk anda saat terdeteksi

Parameter 'F' adalah sebagai perintah untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh dan sekaligus memperbaiki kesalahan yang ditemukan. 


Kira2 prosesnya seperti dibawah ini :



Tunggu proses sampai selesai. Maka HDD eksternal anda sudah bisa terbaca kembali,
Hoho~ :D






49 comments:

  1. /F fungsinya apa ??
    ntar tau2 hardisk gw ke format lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. /F itu sebagai parameter pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.
      Saya sudah mempraktekkan cara itu, dan berhasil,:D

      Delete
    2. Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK H7

      Delete
  2. jazaakumullaahkhairaa.. mudah2an allaah membalas anda dengan yang jauh lebih baik.. saya yang awam ini sangat terbantu..

    ReplyDelete
  3. Knp ko tetep nggabisa ya ? Kalopun aku nekat ngeformat nanti ujung ujungnya error ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ngikutin langkah2 diatas belum kak? kemungkinan kalo masih belum bisa berarti hardisk nya udah ga bisa diselametin lagi,

      Delete
  4. makasih banyak masbro.. Q hmpir bngung stengah mati gara2 dataQ semua ada di HD eksternal.. untung aja bsa ke-detect lg setelah ikut langkah diatas.. makasih banyak yaa..

    ReplyDelete
  5. terima kasih... artikel yang sangat bermanfaat... hardisk saya (ukuran 1TB) langsung balik lagi.... alhamdulillah....

    ReplyDelete
  6. kak ini emang lama ya nunggu recoverynya? kira2 berapa lama ya? thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kapasitas hardisknya , kalo hardisk saya dulu cuman 500 giga ga sampe 15 m3nit kok :)

      Delete
  7. bagaimana kalo drivenya aja gak kedetect?

    ReplyDelete
  8. mba'e..
    HDD saya nggal ke detect, uda coba cara diatas muncul Cannot open volume for direct access
    knpa ya ?
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  9. thanks bwt infonya,,, sangat membantu skali ^^

    ReplyDelete
  10. Kalau sudah selesai tandanya seperti apa?

    ReplyDelete
  11. Partisi Saya H,I, dan J hardisk externalnya. Apa harus diproses satu satu? Atau bagaimana? Urgent

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak ses, blog ini sangat membantu :'). Padahal udah hampir pasrah tdi pergi ke service. Bisa melayang ratusan ribu kalau kesana haha. Sekali lagi terimakasih banyak. Ane doain ses cepat kaya. Kalo udah kaya tambah kaya lagi. Amiin

      Delete
  12. sudah seharian nunggu tapi kok masih tetep 10 percent complete ya?

    ReplyDelete
  13. Tks info nya gan.. harddisk ane tertolong :D

    ReplyDelete
  14. Thanks bg tutorialnya..
    Alhamdulillaah hardisk ana udah bisa kebuka ge..

    ReplyDelete
  15. hardisk saya ga kedetect di pc tapi kedetect di laptop.. klo di pc lampunya nyala dan bunyi tik tik tik tapi ga kedetect sama sekali.. bisa bantu gan? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dicobain pake chkdsk f: /f tapi jawabannya "cannot open volume for direct access".. dicoba diganti drivenya jadi g:, h: tetap sama jawabannya.. OS PC sama dengan OS laptop, windows 7

      Delete
    2. kalo dicoba di laptop lain, error nya sama ga mas?

      Delete
  16. Nice Post Jangan Lupa Kunjuni Blog Saya
    http://rentallaptopdimalang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. Mas, untuk masuk command promt di windows pake OS apa? 7 atau 8, soalnya pake 7 & 8 suka pesan "error" terus..mohon solusi. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih menu start windows-> All Programs -> Accessories -> Command Promt

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. makasih ya, bermanfaat sekali blog ini :))

    ReplyDelete
  20. halo mba, aku udah ikutin stepnya tpi di cmd nya keluar kalimat insufficient memory trus berhenti gitu aja, beda dgn tampilan di blog ini. klo kayak gitu kenapa ya mba?

    ReplyDelete
  21. gan kalau ane berhasil nyobain tips2 nya cm kenapa bgitu proses selesai,hdd udh bisa di buka tetapi filenya tetap tidak muncul tapi volum data di hdd nya terbaca kenapa y gan..??

    ReplyDelete
  22. Terimakasih banyak :D, kapan kapan klo kejogja aku terakhir makan , Anda benar" penyelamat!

    ReplyDelete
  23. Terimakasih banyak :D, kapan kapan klo kejogja aku terakhir makan , Anda benar" penyelamat!

    ReplyDelete
  24. Makasih mba :) alhamdulillah sukses.

    ReplyDelete
  25. mudah2an.... berhasil

    ReplyDelete
  26. Terimakasih banyak. Semoga ilmu yang diberikan ini dibalas oleh Allah swt dgn pahala dan karunia berlipat. Kalau bisa update juga solving masalah yang selainnya

    ReplyDelete
  27. Says udh 100% ndk jln2 gmn solusinya mbk

    ReplyDelete
  28. Thanks Bro :) You are a Life Saver!

    ReplyDelete
  29. Sore mbak, saya sudah coba dengan cara ini, stage 1 memakan waktu 24 jam, sekarang masih stage 2, hardisk saya toshiba 500 gb, apakah prosesnya memang seperti itu? Makasih

    ReplyDelete
  30. Kalo misalnya ada "I:\ is not accessible
    Data error (cyclic redundancy check)"
    Kenapa ya?

    ReplyDelete
  31. terimkasih, sangat membantu...

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah, aku sempat kaget banget, ,, 😥 tapi setelah mengikuti prosedur nya ,alhamdulillah kebaca lagi, ,😄

    ReplyDelete
  33. OMG its work, tq bro,, gw kira data ku mw ilang

    ReplyDelete
  34. Aneh...sudah panik banget... ternyata mudah... Alkhamdulillah
    MATURNUWUN nggih.. JOSSS

    ReplyDelete
  35. Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete